Jumat, 09 Maret 2012

Batu Ginjal

Kekurangan zat-zat kimia yang biasanya menghentikan pembentukan kristal dapat menimbulkan batu ginjal, yang biasanya berawal sebagai pasir halus dan membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mencapai ukuran batu yang menimbulkan gangguan.

"Penyebab batu ginjal yang paling umum adalah ketidakcukupan asupan cairan berkepanjangan. Orang yang hidup dalam iklim panas rentan mengalami batu ginjal jika mereka tidak cukup minum untuk menggantikan cairan yang hilang dalam bentuk keringat," tutur Dr Miriam Stoppard dalam bukunya "Panduan Kesehatan Keluarga".

Berbagai jenis batu ginjal dapat terbentuk, bergantung pada zat sisa yang membentuk kristal dari urin. Sebagian besar batu terbentuk dari garam kalsium.

Batu ginjal juga dapat terbentuk akibat infeksi saluran kemih dalam waktu lama. Pada kasus ini, batu membentuk staghorn (tanduk rusa), mengisi rongga di tengah-tengah ginjal. Batu ginjal dapat disebabkan oleh kelainan metabolisme, walaupun jarang terjadi. 
 
AIR bermanfaat untuk kesehatan ginjal. Kecukupan cairan yang tidak terpenuhi optimal dapat menyebabkan gangguan pada ginjal, salah satunya pembentukan batu ginjal.

Berdasarkan hasil penelitian yang didapat dari Perhimpunan Nefrologi Indonesia (PERNEFRI), sebanyak 10 persen masyarakat di negara maju memiliki risiko untuk menderita batu ginjal dan 50 persen pada mereka yang pernah menderita, batu ginjal akan timbul kembali di kemudian hari. Gejala awalnya berupa nyeri di bagian perut bagian belakang, pendarahan pada urin, mual atau muntah, kehilangan nafsu makan, hingga pembengkakan di perut. Batu ginjal cenderung terjadi pada pria. Namun wanita pun memiliki kemungkinan mengalami gangguan ginjal, yaitu infeksi saluran kemih yang diawali dengan gejala meningkatnya hasrat untuk buang air kecil hingga pendarahan pada urin.

Dalam kondisi normal, zat sisa dari proses kimia tubuh akan keluar dari ginjal bersama urin. Namun urin sesekali menjadi jenuh oleh zat sisa. Produk sisa ini dapat mengkristal dan membentuk struktur mirip batu dengan berbagai ukuran dalam ginjal, itulah yang disebut dengan batu ginjal.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sesungguhnya manusia itu ga ada yang sempurna. Tapi kita bisa berbuat lebih baik. Saran ato Pesan yang membangun sangat saya tunggu.