Senin, 05 Maret 2012

Indonesia, Kita Bangga

Bali, Pulau Terbaik Dunia Tahun 2009



BANYAK isu negatif yang melanda negeri kita tercinta ini, terutama masalah keamanan yang sering kali mendiskreditkan kita sebagai salah satu negara yang "kurang aman" di dunia karena banyaknya teroris yang "bersemayam" di sini (meskipun isu tersebut sekarang sudah terjawab karena pihak berwajib kita sudah berhasil meringkus para gembong teroris tersebut). Namun ternyata, kita boleh bangga juga atas sebuah penilaian dari dunia internasional.

Baru-baru ini sebuah penerbitan di Amerika Serikat yang telah mengadakan kuisioner internasional, telah menetapkan Pulau Bali sebagai pulau terbaik dunia tahun 2009.
pada tahun 2000, 2001, 2002, 2003, 2004, 2005, 2006 dan 2007 mendapatkan penghargaan yang sama pula. namun pada tahun 2008 Bali berada turun ke peringkat ke-2.

Majalah International Travel & Leisure yang memberi penilaian tersebut, menyatakan tidak ada alasan untuk tidak memilih Bali sebagai pulau terbaik dunia, meskipun pernah diterjang kasus "Bom Bali", karena memang ditilik dari berbagai aspek, Pulau Bali layak mendapatkan predikat itu. Pada tahun 2008, majalah yang sama juga telah memilih tempat-tempat terbaik di dunia sebagai tempat wisata dan Bali "hanya" berada di peringkat kedua di bawah Pulau Galapagos. Kini pada tahun 2009, giliran pulau tersebut yang turun ke peringkat kedua.

Beberapa kriteria penilaiannya antara lain pada keunikan dan ragam budaya yang terus konsisten dipertahankan selama ratusan, bahkan mungkin ribuan tahun, di tengah gerusan budaya lain yang coba masuk memengaruhinya, banyaknya tempat-tempat wisata eksotis yang selalu saja mengundang wisatawan untuk mengunjunginya, pantai-pantainya dengan pasir putih yang menawan, keramahan penduduknya, keseniannya (seni tari, seni ukir, seni patung, dsb.) dan aspek lainnya.

Berikut sepuluh tempat terbaik di dunia, berdasarkan hasil penilaian majalah tersebut:

1. Pulau Bali - Indonesia Nilai 87,41
2. Pulau Galapagos, Ekuador 86,80
3. Cape Breton Island, Nova Scotia, Kanada 86,09
4. Kauai, Hawaii, Amerika Serikat 85,90
5. Mount Desert Island, Maine, Amerika Serikat 85,87
6. Maui, Hawaii, Amerika Serikat 85,48
7. Aeolian Island, Italia 85,13
8. Maldives (Maladewa), Asia Selatan 84,43
9. Big Island, Hawaii, Amerika Serikat 83,92
10. Vancouver Island, Kanada 83,74

Dari fakta di atas, jelaslah bahwa Amerika Serikat mendominasi daftar tersebut, karena ada empat tempat yang masuk sepuluh besar dan tiga di antaranya terletak di Kepulauan Hawaii (negara bagian Amerika Serikat) yang terletak di Samudera Pasifik.

Kalau kita mau jujur, penilaian itu membuat kita senang sekaligus sedih. Senang karena Pulau Bali menjadi pulau terbaik, namun sedihnya karena sebenarnya Indonesia yang sangat luas ini seyogianya bisa menempatkan lebih dari satu, bahkan mungkin tiga atau empat tempat pada kedudukan tersebut. Masih banyak tempat-tempat eksotis di negeri kita yang bisa diangkat pamornya pada dunia internasional, misalnya Pulau Nias, Lombok, Bunaken, pulau-pulau di wilayah Maluku, Papua, dan masih banyak lagi.

Ini adalah tugas pemerintah di bidang kepariwisataan untuk bisa mengembangkannya di kemudian hari, sehingga Indonesia tidak melulu bertumpu kepada Pulau Bali semata. (Tonny Sumarsono/dari berbagai sumber)***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sesungguhnya manusia itu ga ada yang sempurna. Tapi kita bisa berbuat lebih baik. Saran ato Pesan yang membangun sangat saya tunggu.